Mau buka usaha? Masih bingung cari IDE? 

New Normal merubah perilaku masyarakat dalam semua aktivitasnya, mulai dari cara bekerja, sekolah, berbelanja, berkomunikasi, hiburan hingga kesehari-hariannya. Banyak pelaku usaha yang terpaksa "Gulung Tikar" lantas tidak bisa beradaptasi dengan perubahan perilaku konsumennya. Perilaku konsumen tersebut tidak lain adalah penggunaan internet sebagai jalur transaksi, semua dapat dilakukan hanya dari sentuhan jari tanpa harus keluar dari rumah. Otomatis para pengusaha wajib dong merubah sistem berjualan mereka yang sebelumnya bertransaksi secara tradisional menjadi transaksi via digital.



source: freepik.com

Nah atas dasar perubahan perilaku itu, lantas peluang apa yang bisa kita dapatkan jika hendak membuka usaha sendiri? Berikut ada 7 ide bisnis yang bisa kamu coba dan dijamin pasti jalan serta menghasilkan. Yuk simak, pilih yang paling kamu suka, tetapkan hati dan take action!!


1. Kuliner

Jika kita membahas bisnis ini, maka persepsi masyarakat tentang bisnis kuliner adalah makanan atau minuman. Usaha ini memiliki potensi bisnis yang "niche" nya bagus atau lagi banyak diminati para pemula bisnis. Usaha ini dapat dikatakan mudah juga bisa sulit dilakukan. Karena dalam usaha ini berhubungan dengan indra perasaan yakni rasa saat mengkonsumsi makanan ataupun minuman.

Rasa memiliki pengaruh besar dalam bisnis ini, hal ini berfungsi untuk membangun lead dan engagement customer supaya bisa merekomendasikannya ke yang lain. Oleh karena itu "rasa" menjadi prioritas untuk usaha ini. Jika pada dasarnya kita tidak memiliki keahlian atau hobi memasak maka menjalankan bisnis ini bisa melalui franchise, partnership dan jika memiliki keahlian memasak maka bisa buka warung, depot ataupun restoran sendiri.

Tetapi ini membutuhkan afford yang besar. Beda dengan franchise yang semua sistem sudah disiapkan oleh pemilik franchisor, mulai dari persiapan produk, proses pengolahan hingga perhitungan profit. Dan bagaimana ini bisa dikatakan menjadi ide bisnis yang cocok pasca pandemi? 

Setiap orang jelas butuh "makan" dan "minum". Selama "rasa" itu cocok dengan selera mereka, maka produk ini pasti dicari dimanapun dan kapanpun. Untuk mengadaptasi perubahan perilaku konsumen maka kita bisa menawarkan produk kuliner ini dengan berbagai jalur penjualan online, kita bisa mendaftarkan usaha kita ini di berbagai layanan food & beverage online atau marketplace.

2.  Fashion

Kita tahu bahwa kebutuhan fashion seperti baju, kaos, gamis dan sejenisnya sudah tidak termasuk kebutuhan sekunder, akan tetapi sudah menjadi kebutuhan utama khususnya bagi mereka yang fashionable. Hampir 50% produk yang dijual di e-commerce, media sosial, marketplace dan lain-lain berupa produk fashion. Dari sinilah trend bisnis fashion meningkat meskipun pada era pandemi mengalami penurunan.

Tetapi sebelum anda masuk ke usaha ini anda harus tentukan atau memilih sektor apa yang akan anda geluti. Contoh: sebagai produsen, owner brand, seller, reseller atau dropshipper. Pemilihan jenis bisnis fashion ini tergantung atas kemampuan anda dalam menguasai sektor tersebut. Dengan menentukan jenis sektornya diawal maka kita bisa fokus untuk menjalankan usaha ini. 

Bisnis fashion ini termasuk yang "ribet" apabila kita masuk di sektor "produsen". Kita bisa mengawali usaha pasca pandemi ini dengan bermain sebagai reseller atau dropship terlebih dahulu. Hunting produsen atau agen yang menawarkan sistem reseller/dropship, pelajari dan bisa langsung action dengan membuka toko online via marketplace atau sosmed. Keuntungan sistem ini pada minimnya resiko dan bahkan tidak memerlukan modal untuk kulakan.

3. Web Developer dan Desain Grafis

Logo merupakan salah satu identifikasi sebuah brand atau perusahaan yang menjadi eksistensinya di pasar. Begitu pula dengan keberadaannya di dunia maya, mereka membutuhkan suatu media yang terus dapat dilihat oleh masyarakat. Dengan adanya media sosial maka brand ini wajib memberikan informasi kepada calon pelanggannya bahwa mereka menyediakan produk dan layanan yang mungkin dibutuhkan pelanggan tersebut. Untuk itu perusahaan ini membutuhkan wadah yang dapat menginformasikan secara detail akan layanan dan produk-produknya tersebut yakni sebuah portal website dan aplikasi android atau ios.

Bergerak di bisnis ini lebih cenderung menuntut keahlian khusus di bidang pemrograman web dan desain grafis. Keahlian ini bisa didapatkan dengan dua cara, yang pertama dengan belajar sendiri atau otodidak dan cara kedua adalah mengikuti kursus atau sekolah formal di bidang IT maupun desain grafis.

Dengan keberadaan dan munculnya trend digital marketing maka jasa pembuatan website dan desain grafis sangat dibutuhkan oleh setiap pemilik produk, brand, perusahaan, sekolah dan lain-lain. Web sebagai sarana membangun brand awareness, oleh sebab itu keahlian design dan coding ini yang terkadang hanya sebagai hobi dapat berpotensi sebagai lahan bisnis di era digital seperti saat ini.

4. Content Creator

Ini adalah bentuk bisnis yang juga membutuhkan keahlian. Dengan munculnya media sosial berbasis bisnis seperti youtube, instagram, facebook, whatsapp dan lain sebagainya telah menjadi salah satu wadah sarana promosi ataupun jalur penjualan secara online. 

Setiap alur bisnis yang terjadi di media sosial yang satu dan lainnya membutuhkan perlakuan yang berbeda. Ini tergantung dengan perilaku penggunanya sehingga keahlian dalam membaca "insight", merancang materi promo serta analisa hasilnya dan melakukan perbaikan disana-sini terkadang menjadikan banyak pengusaha yang "malas" dan "capai" untuk melakukannya, bahkan tidak paham bagaimana caranya. Oleh sebab itu content creator dibutuhkan oleh banyak perusahaan. 

Selain sebagai sarana promosi, media sosial juga dapat dijadikan sebagai lahan monetary (menghasilkan uang) seperti Youtube. Seseorang yang ingin menjadi youtuber membutuhkan juga content creator, rata-rata para content creator ini akan menawarkan skema sistem yang terstruktur, mulai dari isi atau materi content, schedule posting atau publishing, collaboration, dan lain-lain. Hasilnya tentu saja membuat materi content benar benar menghibur serta mendapatkan subcriber yang banyak.

5. Influencer

Berasal dari kata influence: pengaruh, influencing: mempengaruhi, influencer: orang yang mempengaruhi.
Siapa influencer itu? Selebgram, tik-toker, youtuber, public figure dan lain lain.

Untuk membangun platform digital marketing maka jasa influencer ini juga dibutuhkan. Tetapi tidak semua orang bisa melakukannya dan seorang influencer tidak harus artis atau youtuber terkenal. Saat ini banyak para influencer yang memiliki jutaan follower atau subcriber dan dipercayai oleh followernya. Justru berawal dari influencer inilah muncul artis-artis baru yang terkadang mampu mengeser kepopularitasan artis senior karena keviralan seorang influencer. Saat ini banyak perusahaan atau product dengan istilah endorsing yang dilakukan para influencer. Keberadaan mereka begitu mampu memperkenalkan sebuah produk baru kepada kalangan masyarakat, khususnya para follower mereka.

6. Youtuber

Youtube adalah media digital yang saat ini luar biasa deras menyerang peradaban kita dan menjadi dunia hiburan yang diminati semua lapisan masyarakat. Apa hubungannya dengan peluang bisnis? Youtube memiliki element-element yang mampu membuat seseorang menjadi kaya mendadak, taraf hidup mereka berubah drastis.

Bagaimana membuat youtube menjadi peluang bisnis buat kita? Youtuber adalah istilah para pelaku atau pemeran dalam sebuah channel video youtube mereka. Sedangkan Adsense berkontribusi besar dalam setiap tayangan youtube mereka. Setiap iklan yang ditayangkan atau diklik, maka para youtuber ini mendapatkan bagi hasil dari biaya iklan tersebut. Semakin banyak channel tersebut diakses dan dilihat orang maka potensi pendapatan mereka dari adsense tersebut menjadi besar.
Sudah tidak aneh lagi kalau ada seseorang yang dulu bukan siapa2, kini menjadi seorang crazy rich bahkan terkenal hanya karena profesi nya seorang youtuber.

Tapi semua itu tidak mudah,menjadi seorang youtuber yang mampu menaklukan seorang audience untuk menjadi subscriber membutuhkan afford, fokus dan konsistensi sebagai seorang youtuber.
APAKAH ANDA YANG AKAN MENJADI YOUTUBER TERKENAL DI ERA MENDATANG??


Semua ide bisnis tersebut di atas dapat dilakukan para pemula, bisa diawali dengan modal yang tidak terlalu besar. Kendala terbesar kita sebenarnya hanya pada NIAT dan ACTION untuk segera memulainya, artinya benar-benar terjun ke dunia usaha tersebut. Maka dari situ kita bisa tahu kelemahan dan kekuatan bentuk bisnis yang kita geluti.

Jangan terburu-buru memikirkan modal kalau kita masih sebagai pemula bisnis, apalagi dengan modal berhutang. Jika kita memulai semuanya dengan modal hutang maka resiko yang kita hadapi sangat besar terutama untuk kesehatan bisnis kita di kemudian hari.

Fokus dan konsisten adalah kunci utama membangun sebuah bisnis. Penjualan, pemasaran, mengatur SDM, menjaga kualitas produk dan lain-lain itu hanya sarana pendukung yang akan berjalan dengan baik asal kita tetap fokus dan konsisten. Kegagalan sebuah bisnis adalah pintu menuju kesuksesan. Sayangnya banyak pelaku bisnis ketika bisnisnya jatuh beranggapan bawah itu sebagai kegagalan total. Jika kita mengevaluasi kegagalan tersebut maka sebenarnya disitulah letak kesuksesan bisnis kita.

Semoga artikel ini sedikit bermanfaat serta memberi motivasi buat kita untuk melangkah ke sebuah bisnis.

0 Comments

Sign in to write comment. Sign in